8 Jul 2010

* Entertaint

Iklan Billboard di Sibolga Semakin Berkembang
Sibolga, BATAKPOS

Mudahnya pelayanan serta ringannya biaya pajak yang dibebankan Pemko Sibolga, membuat pengusaha periklanan jenis Billboard (papan reklame) semakin berkembagn di Kota Sibolga. Hal itu dibuktikan semakin maraknya iklan Billborad di Negri Berbilang Kaum ini. Menurut data yang diperoleh BATAKPOS dari Dinas Pendapatan Pemko Sibolga, total iklan Billboard di Kota Sibolga sebanyak 7 unit. Dengan demikian penghasilan pajak dari iklan ini pun turut menambah pendapatan Pemko Sibolga.
Menurut Basril Tanjung SE (53) selaku Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pendapatan Kota Sibolga yang ditemui koran ini di ruang kerjanya, Rabu (29/7) mengaku, omset penghasilan Dinas Pendapatan Sibolga terbantu dengan kehadiran iklan Billboard ini.
“Khusus tahun ini saja, sebanyak dua unit iklan Billboard baru bertambah, dengan demikian total iklan Billboard ada 7 unit. Dengan bertambahnya jumlah iklan Billboard tersebut maka pajak yang kita perleh juga turut meningkat,”akunya.
Ada pun biaya pajak yang dibebankan kepada pengusaha iklan Billboard relatif murah, yakni Rp16ribu per meter selama 1 tahun sesuai dengan Perda nomor 1 tahun 2008. “Menurut pengakuan para pengusaha iklan ini kepada kami, dipilihnya Kota Sibolga menjadi tempat ajang promosi, karena harganya pajaknya yang murah ditambah lagi layanan yang mudah dan tidak berbelit-belit. Dan untuk saat ini khusus di wilayah Jalan SM Raja dan Jalan Suprapto, Sibolga tidak diberikan lagi izin untuk mendirikan iklan Billboard, karena sudah padat,”katanya.
Dijelaskannya, untuk semester I ini pihaknya berhasil mengumpulkan pajak dari iklan termasuk iklan Billboard sebesar Rp124.641.000. Sedangkan tahun lalu, melebihi target yakni Rp150juta, sementera yang ditargetkan Rp125juta. “Kita berterimakasih kepada para pengusaha yang telah berinvestasi di daerah kita ini, dengan demikian tatanan kota kita ini semakin indah dan terang,”ujarnya.
Ia juga menambahkan, rata-rata pemilik iklan Billboard ini adalah pengusaha yang dari Medan, sedangkan para pengusaha di Sibolga sepertinya belum berminat untuk menekuni bisnis iklan ini. (Jas)
Keterangan Foto
IKLAN BILLBOARD
Salah seorang pengusaha asal Medan saat memasang iklan Billboard di Jalan Sisingamangaraja Sibolga. Kehadiran papan reklame ini turut menambah pendapatan Kota Sibolga.(batakpos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar